Sebagai upaya membekali Mahasiswa Prodi, Segenap Tim Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan workshop penyusunan proposal PKM-Kewirausahaan. Kegiatan yang berlangsung mulai Rabu  (26/5/2021) hingga Minggu (30/5/2021) ini ditujukan bagi 137 Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling yang terseleksi. Kegiatan kali ini mengusung tema “Smart In Enterpreneurship”

Sebelum memasuki serangkaian kegiatan workshop, mahasiswa pada hari pertama diberikan kesempatan untuk mencoba membuat proposal PKM-K. Kemudian, mahasiswa akan terseleksi menjadi 5 tim, yang nantinya mendapat kesempatan berkunjung dan belajar ke tempat produksi Brownis Lur langsung dengan ownernya.

Tim Prodi Bimbingan dan Konseling menghadirkan tiga orang pembicara yang berkompeten pada tema workshop penyusunan proposal PKM-K. Mereka adalah Prof. Dr. M. Suyanto, M.M, rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta. Beliau berkompeten dalam penyusunan proposal PKM-K yang sesuai format dari DIKTI.

Pembicara yang kedua ialah Fiska Amanda Mulia, Mahasiswi yang lolos pendanaan PKM-K dengan salah satu produknya yakni Bronis Lur. Fiska merupakan wirausahawan muda yang memiliki usaha di bidang kuliner berupa makanan ringan yaitu Kue Brownies yang Ia namai dengan Bronis Lur. “Bronis Lur merupakan produk brownies yang saya inovasikan dengan mengganti bahan baku utama berupa tepung terigu menjadi tepung beras merah organik sehingga produk Bronis Lur Glutten Free. Saat ini, saya juga telah berinovasi membuat Bronis Lur Chips dan Cookies supaya bisa menjangkau pasar dari Sabang sampai Merauke”

Sementara itu, Wiwit Rahayu S.P. M.P, Dosen Agribisnis Universitas Sebelas Maret sebagai pembicara ketiga berbagi tentang kiat-kiat keberhasilan seseorang dalam melakukan kegiatan wirausaha. Menurutnya, kunci utama dalam keberhasilan dalam wirausaha adalah ketelatenan atau konsistensi.

Kaprodi  Bimbingan dan Konseling pada saat itu, Dr. Edy Legowo, M.Pd dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam merancang ide di bidang berwirausaha serta memudahkan mahasiswa Menyusun proposal PKM-K sesuai format DIKTI (Ajeng & Dea)

By Published On: November 23rd, 2021Categories: Uncategorized @id0 Comments

Leave A Comment

Search