Visi Program Studi Bimbingan dan Konseling:
Sampai dengan tahun 2025, menjadi pusat pengembangan ilmu dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
Misi Program Studi Bimbingan dan Konseling:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menunjang pengembangan ilmu dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
- Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan ilmu dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kajian dan hasil penelitian bidang bimbingan dan konseling yang unggul dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
- Menyelenggarakan tata pamong yang unggul berdasarkan ilmu dan teknologi yang menjamin akuntabilitas dan peningkatan kualitas berkelanjutan dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
Tujuan Program Studi Bimbingan dan Konseling:
- Menghasilkan lulusan unggul yang mampu menerapkan ilmu dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
- Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
- Mengaplikasikan ilmu dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang unggul dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Mencapai akuntabilitas dan peningkatan kualitas berkelanjutan tata pamong yang unggul dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
Sasaran dan Strategi Pencapaiannya:
Untuk mewujudkan visi dan misi Program Studi Bimbingan dan Konseling mengikuti tahapan-tahapan yang telah dirumuskan oleh Universitas Sebelas Maret menuju World Class University. Program Studi Bimbingan dan Konseling menetapkan sasaran dan strategi pencapaian visi misi menjadi dua tahap besar seperti berikut (30 baris):
Peningkatan Kualitas dan Efisiensi Kegiatan Akademik (2015-2020)
Pengembangan program studi difokuskan pada peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar; peningkatan riset yang berkualitas dan efisien; serta pemanfaatan sumber daya secara bertanggungjawab, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional. Rincian sasaran dan strategi pencapaiannya dapat dilihat pada tabel berikut.
No | Indikator | Baseline (2015) | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | Strategi Pencapaian |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Akreditasi Program Studi | B | B | B | A | A | A | Memperbaiki kualitas pembelajaran melalui implementasi hasil-hasil penelitian dosen |
2 | Sertifikasi ISO Akademik | - | √ | √ | √ | √ | √ | Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan pembelajaran setiap semester. |
3 | Rasio Calon Mahasiswa yang Ikut Seleksi : Daya Tampung | 1:30 | 1:32 | 1:33 | 1:34 | 1:35 | 1:36 | Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet . |
4 | Persentase Mahasiswa Baru yang Registrasi : Calon Mahasiswa Baru yang Lulus Seleksi | 0.7 | 0.8 | 0.9 | 0.92 | 0.93 | 0.94 | Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet . |
5 | Rata-Rata IPK Mahasiswa | 3.35 | 3.36 | 3.38 | 3.4 | 3.42 | 3.44 | Mempertegas kontak perkuliahan, monitoring proses pembelajaran, melaksanakan remedial teaching . |
6 | Kelengkapan Perangkat Pembelajaran | 70% | 80% | 90% | 95% | 100% | 100% | Melaksanakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran. |
7 | Blended learning | 0.5 | 0.6 | 0.7 | 0.8 | 0.9 | 1 | Memanfaatkan fasilitas e-learning.uns.ac.id, ocw.uns.ac.id, atau edmodo, dll. |
8 | Ketersediaan Laboratorium | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 | 4 | Menambah fasilitas laboratorium khusus untuk menunjang mata kuliah praktikum. |
9 | Angka Efisiensi Edukasi | 17 | 17.5 | 18 | 18.5 | 19 | 20 | Mengintensifkan pembimbingan skripsi agar dapat selesai dalam 1 semester. |
10 | Jumlah Dosen Bergelar Doktor | 4 | 5 | 5 | 6 | 6 | 6 | Memfasilitasi dosen yang akan melanjutkan studi S3. |
11 | Jumlah Dosen Tersertifikasi Pendidik | 8 | 8 | 8 | 8 | 9 | 9 | Memfasilitasi dosen yang akan sertifikasi. |
12 | Jumlah mahasiswa mengikuti seminar nasional dan internasional sebagai pemakalah | - | - | - | 1 | 2 | 3 | Meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa agar layak menjadi pemakalah dalam seminar nasional dan internasional. |
13 | Prestasi mahasiswa tingkat nasional | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 6 | Mengintensifkan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa seperti: G-Club , English Club , dan Himabiko untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam berkompetisi. |
14 | Keikutsertaan Mahasiswa dalam Konferensi Internasional | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 3 | Mengintensifkan kegiatan English Club untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam berbahasa Inggris secara aktif. |
15 | Persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri | < 6% | < 6% | < 5% | < 5% | < 5% | < 5% | Mengintensifkan kegiatan pembimbingan akademik dan meningkatkan akreditasi program studi. |
16 | Masa tunggu kerja lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama (bulan) | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | Memberikan pelatihan tentang penulisan surat lamaran dan strategi wawancara kerja. |
17 | Persentase kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi | 84% | 84% | 85% | 85% | > 85% | > 85% | Menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan untuk meningkatkan kecintaan pada profesi guru. |
18 | Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk penelitian (juta) | > 4 | > 4 | > 4 | > 4 | > 4 | > 4 | Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian. |
19 | Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk pengabdian (juta) | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian. |
20 | Jumlah publikasi ilmiah Internasional | 3 | 4 | 5 | 5 | 6 | 6 | Meningkatkan kualitas hasil penelitian agar layak dipublikasikan. |
21 | Jumlah mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen | 25 | 30 | 35 | 40 | 45 | 50 | Menyediakan penelitian dosen sebagai tema-tema penelitian payung bagi mahasiswa. |
22 | Kerjasama dengan institusi dalam negeri | 51 | 51 | 51 | 52 | 52 | 52 | Memperluas jejaring dengan sekolah, dinas pendidikan dan perguruan tinggi lain untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. |
23 | Kerjasama dengan institusi luar negeri | 2 | 2 | 4 | 5 | 6 | 6 | Membuat MoU dengan kampus-kampus penyelenggara BK di luar negeri. |
24 | Jumlah dosen menjadi narasumber kegiatan ilmiah | 5 | 5 | 5 | 6 | 6 | 7 | Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar dan melakukan kerja sama dengan kampus penyelenggara BK di luar negeri. |
Peningkatan Efisiensi Eksternal dan Internasionalisasi (2021-2025)
Pengembangan program studi difokuskan pada pemanfaatan kapabilitas sumber daya untuk menghasilkan produk-produk ilmiah terarah dan terpadu; peningkatan kerjasama strategis dengan institusi lain untuk peningkatan kualitas penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat; serta peningkatan kualitas lulusan sehingga mampu bersaing dengan lulusan dalam negeri dan internasional. Rincian sasaran dan strategi pencapaiannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini (20 baris):
No | Indikator | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | 2025 | Strategi |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Akreditasi Program Studi | A | A | A | A | A | Memperbaiki kualitas pembelajaran melalui implementasi hasil-hasil penelitian dosen |
2 | AUN QA | - | - | - | - | √ | Mencapai akreditasi A selama 2 kali berturut-turut agar dapat mengikuti AUN QA. |
3 | Sertifikasi ISO Akademik | √ | √ | √ | √ | √ | Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan pembelajaran setiap semester. |
4 | Rasio Calon Mahasiswa yang Ikut Seleksi: Daya Tampung | 1:36 | 1:37 | 1:38 | 1:39 | 1:40 | Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet . |
5 | Persentase Mahasiswa Baru yang Melakukan Registrasi: Calon Mahasiswa Baru yang Lulus Seleksi | 94% | 95% | > 95% | > 95% | > 95% | Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet . |
6 | Rata-Rata IPK Mahasiswa | 3.43 | 3.44 | 3.45 | 3.46 | 3.47 | Mempertegas kontak perkuliahan, monitoring proses pembelajaran, melaksanakan remedial teaching . |
7 | Kelengkapan Perangkat Pembelajaran | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | Melaksanakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran. |
8 | Blended learning | 92% | 93% | 94% | 95% | > 95% | Memanfaatkan fasilitas e-learning.uns.ac.id, ocw.uns.ac.id, atau edmodo, dll. |
9 | Materi Pembelajaran Dwi Bahasa | 50% | 55% | 60% | 65% | 70% | Melaksanakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran dengan menggunakanreferensi berbahasa Inggris. |
10 | Ketersediaan Laboratorium | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | Menambah fasilitas laboratorium khusus untuk menunjang mata kuliah praktikum. |
11 | Angka Efisiensi Edukasi | 20% | 21% | 22% | 23% | 24% | Mengintensifkan pembimbingan skripsi agar dapat selesai dalam 1 semester. |
12 | Jumlah Dosen Bergelar Doktor | 6 | 7 | 7 | 7 | 8 | Memfasilitasi dosen yang akan melanjutkan studi S3. |
13 | Jumlah Dosen Tersertifikasi Pendidik | 9 | 10 | 10 | 11 | 11 | Memfasilitasi dosen yang akan sertifikasi. |
14 | Jumlah mahasiswa mengikuti seminar nasional dan internasional sebagai pemakalah | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | Meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa agar layak menjadi pemakalah dalam seminar nasional dan internasional. |
15 | Prestasi mahasiswa tingkat nasional | 5 | 6 | 6 | 6 | 7 | Mengintensifkan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa seperti: G-Club , English Club , dan Himabiko untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam berkompetisi. |
16 | Persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri | < 5% | < 5% | < 5% | < 5% | < 5% | Mengintensifkan kegiatan pembimbingan akademik dan meningkatkan akreditasi program studi. |
17 | Masa tunggu kerja lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama (bulan) | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | 1-3 bulan | Memberikan pelatihan tentang penulisan surat lamaran dan strategi wawancara kerja. |
18 | Persentase kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi | > 85% | > 85% | > 85% | > 85% | > 85% | Menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan untuk meningkatkan kecintaan pada profesi guru. |
19 | Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk penelitian (juta) | > 4 | > 4 | > 4 | > 4 | > 4 | Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian. |
20 | Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk pengabdian (juta) | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | > 1,5 | Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian. |
21 | Jumlah publikasi ilmiah Internasional | 6 | 6 | 7 | 7 | 8 | Meningkatkan kualitas hasil penelitian agar layak dipublikasikan. |
22 | Jumlah Publikasi Ilmiah Bereputasi/Scopus | 1 | 1 | 2 | 2 | 3 | Menyelenggarkan kegiatan working paper internal setiap bulan untuk menulis artikel yang berkualitas. |
23 | Jumlah mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen | 45 | 50 | 50 | 55 | 55 | Menyediakan penelitian dosen sebagai tema-tema penelitian payung bagi mahasiswa. |
24 | Penelitian/Pengabdian dengan Dana Internasional | - | - | 1 | 1 | 2 | Mencari sponsor/ kesempatan untuk mendapatkan dana penelitian. |
25 | Kolaborasi Penelitian Internasional | - | - | 1 | 1 | 2 | Membuat MoU dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam bidang penelitian. |
26 | Kerjasama dengan institusi dalam negeri | 52 | 52 | 53 | 53 | 54 | Memperluas jejaring dengan sekolah, dinas pendidikan dan perguruan tinggi lain untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. |
27 | Kerjasama dengan institusi luar negeri | 2 | 2 | 4 | 5 | 6 | Membuat MoU dengan kampus-kampus penyelenggara BK di luar negeri. |
28 | Jumlah dosen menjadi nara sumber kegiatan ilmiah | 7 | 7 | 8 | 8 | 9 | Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar dan melakukan kerja sama dengan kampus penyelenggara BK di luar negeri. |
29 | Student Exchange | - | 1 | 1 | 2 | 2 | Menyelenggarakan kegiatan perkuliahan dengan materi dwi bahasa dan mengintensifkan English Club . |
30 | Lecturer Exchange | - | 1 | 1 | 2 | 2 | Menyelenggarakan pelatihan bahasa Inggris bagi dosen. |