Visi Program Studi Bimbingan dan Konseling:

Sampai dengan tahun 2025, menjadi pusat pengembangan ilmu dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi Program Studi Bimbingan dan Konseling:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menunjang pengembangan ilmu dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan ilmu dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kajian dan hasil penelitian bidang bimbingan dan konseling yang unggul dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
  4. Menyelenggarakan tata pamong yang unggul berdasarkan ilmu dan teknologi yang menjamin akuntabilitas dan peningkatan kualitas berkelanjutan dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Tujuan Program Studi Bimbingan dan Konseling:

  1. Menghasilkan lulusan unggul yang mampu menerapkan ilmu dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.
  3. Mengaplikasikan ilmu dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang unggul dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mencapai akuntabilitas dan peningkatan kualitas berkelanjutan tata pamong yang unggul dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya:

Untuk mewujudkan visi dan misi Program Studi Bimbingan dan Konseling mengikuti tahapan-tahapan yang telah dirumuskan oleh Universitas Sebelas Maret menuju World Class University. Program Studi Bimbingan dan Konseling menetapkan sasaran dan strategi pencapaian visi misi menjadi dua tahap besar seperti berikut (30 baris):

Peningkatan Kualitas dan Efisiensi Kegiatan Akademik (2015-2020)

Pengembangan program studi difokuskan pada peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar; peningkatan riset yang berkualitas dan efisien; serta pemanfaatan sumber daya secara bertanggungjawab, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional. Rincian sasaran dan strategi pencapaiannya dapat dilihat pada tabel berikut.

NoIndikatorBaseline (2015)20162017201820192020Strategi Pencapaian
1Akreditasi Program StudiBBBAAAMemperbaiki kualitas pembelajaran melalui implementasi hasil-hasil penelitian dosen
2Sertifikasi ISO Akademik-Melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan pembelajaran setiap semester.
3Rasio Calon Mahasiswa yang Ikut Seleksi : Daya Tampung1:301:321:331:341:351:36Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet .
4Persentase Mahasiswa Baru yang Registrasi : Calon Mahasiswa Baru yang Lulus Seleksi0.70.80.90.920.930.94Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet .
5Rata-Rata IPK Mahasiswa3.353.363.383.43.423.44Mempertegas kontak perkuliahan, monitoring proses pembelajaran, melaksanakan remedial teaching .
6Kelengkapan Perangkat Pembelajaran70%80%90%95%100%100%Melaksanakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran.
7Blended learning0.50.60.70.80.91Memanfaatkan fasilitas e-learning.uns.ac.id, ocw.uns.ac.id, atau edmodo, dll.
8Ketersediaan Laboratorium333444Menambah fasilitas laboratorium khusus untuk menunjang mata kuliah praktikum.
9Angka Efisiensi Edukasi 1717.51818.51920Mengintensifkan pembimbingan skripsi agar dapat selesai dalam 1 semester.
10Jumlah Dosen Bergelar Doktor455666Memfasilitasi dosen yang akan melanjutkan studi S3.
11Jumlah Dosen Tersertifikasi Pendidik888899Memfasilitasi dosen yang akan sertifikasi.
12Jumlah mahasiswa mengikuti seminar nasional dan internasional sebagai pemakalah---123Meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa agar layak menjadi pemakalah dalam seminar nasional dan internasional.
13Prestasi mahasiswa tingkat nasional444556Mengintensifkan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa seperti: G-Club , English Club , dan Himabiko untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam berkompetisi.
14Keikutsertaan Mahasiswa dalam Konferensi Internasional112223Mengintensifkan kegiatan English Club untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam berbahasa Inggris secara aktif.
15Persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri< 6%< 6%< 5%< 5%< 5%< 5%Mengintensifkan kegiatan pembimbingan akademik dan meningkatkan akreditasi program studi.
16Masa tunggu kerja lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama (bulan)1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulanMemberikan pelatihan tentang penulisan surat lamaran dan strategi wawancara kerja.
17Persentase kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi84%84%85%85%> 85%> 85%Menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan untuk meningkatkan kecintaan pada profesi guru.
18Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk penelitian (juta)> 4> 4> 4> 4> 4> 4Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian.
19Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk pengabdian (juta)> 1,5> 1,5> 1,5> 1,5> 1,5> 1,5Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian.
20Jumlah publikasi ilmiah Internasional345566Meningkatkan kualitas hasil penelitian agar layak dipublikasikan.
21Jumlah mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen253035404550Menyediakan penelitian dosen sebagai tema-tema penelitian payung bagi mahasiswa.
22Kerjasama dengan institusi dalam negeri515151525252Memperluas jejaring dengan sekolah, dinas pendidikan dan perguruan tinggi lain untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
23Kerjasama dengan institusi luar negeri224566Membuat MoU dengan kampus-kampus penyelenggara BK di luar negeri.
24Jumlah dosen menjadi narasumber kegiatan ilmiah555667Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar dan melakukan kerja sama dengan kampus penyelenggara BK di luar negeri.

Peningkatan Efisiensi Eksternal dan Internasionalisasi (2021-2025)

Pengembangan program studi difokuskan pada pemanfaatan kapabilitas sumber daya untuk menghasilkan produk-produk ilmiah terarah dan terpadu; peningkatan kerjasama strategis dengan institusi lain untuk peningkatan kualitas penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat; serta peningkatan kualitas lulusan sehingga mampu bersaing dengan lulusan dalam negeri dan internasional. Rincian sasaran dan strategi pencapaiannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini (20 baris):

NoIndikator20212022202320242025Strategi
1Akreditasi Program StudiAAAAAMemperbaiki kualitas pembelajaran melalui implementasi hasil-hasil penelitian dosen
2AUN QA----Mencapai akreditasi A selama 2 kali berturut-turut agar dapat mengikuti AUN QA.
3Sertifikasi ISO AkademikMelaksanakan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan pembelajaran setiap semester.
4Rasio Calon Mahasiswa yang Ikut Seleksi: Daya Tampung1:361:371:381:391:40Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet .
5Persentase Mahasiswa Baru yang Melakukan Registrasi: Calon Mahasiswa Baru yang Lulus Seleksi94%95%> 95%> 95%> 95%Meningkatkan promosi dan publikasi program studi melalui media online dan leaflet .
6Rata-Rata IPK Mahasiswa3.433.443.453.463.47Mempertegas kontak perkuliahan, monitoring proses pembelajaran, melaksanakan remedial teaching .
7Kelengkapan Perangkat Pembelajaran11111Melaksanakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran.
8Blended learning92%93%94%95%> 95%Memanfaatkan fasilitas e-learning.uns.ac.id, ocw.uns.ac.id, atau edmodo, dll.
9Materi Pembelajaran Dwi Bahasa50%55%60%65%70%Melaksanakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran dengan menggunakanreferensi berbahasa Inggris.
10Ketersediaan Laboratorium44555Menambah fasilitas laboratorium khusus untuk menunjang mata kuliah praktikum.
11Angka Efisiensi Edukasi 20%21%22%23%24%Mengintensifkan pembimbingan skripsi agar dapat selesai dalam 1 semester.
12Jumlah Dosen Bergelar Doktor67778Memfasilitasi dosen yang akan melanjutkan studi S3.
13Jumlah Dosen Tersertifikasi Pendidik910101111Memfasilitasi dosen yang akan sertifikasi.
14Jumlah mahasiswa mengikuti seminar nasional dan internasional sebagai pemakalah23456Meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa agar layak menjadi pemakalah dalam seminar nasional dan internasional.
15Prestasi mahasiswa tingkat nasional56667Mengintensifkan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa seperti: G-Club , English Club , dan Himabiko untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam berkompetisi.
16Persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri< 5%< 5%< 5%< 5%< 5%Mengintensifkan kegiatan pembimbingan akademik dan meningkatkan akreditasi program studi.
17Masa tunggu kerja lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama (bulan)1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulan1-3 bulanMemberikan pelatihan tentang penulisan surat lamaran dan strategi wawancara kerja.
18Persentase kesesuaian bidang kerja dengan bidang studi> 85%> 85%> 85%> 85%> 85%Menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan untuk meningkatkan kecintaan pada profesi guru.
19Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk penelitian (juta)> 4> 4> 4> 4> 4Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian.
20Rata-rata alokasi dana/ dosen/tahun untuk pengabdian (juta)> 1,5> 1,5> 1,5> 1,5> 1,5Mengefektifkan fungsi RG untuk membahas rencana penelitian.
21Jumlah publikasi ilmiah Internasional66778Meningkatkan kualitas hasil penelitian agar layak dipublikasikan.
22Jumlah Publikasi Ilmiah Bereputasi/Scopus11223Menyelenggarkan kegiatan working paper internal setiap bulan untuk menulis artikel yang berkualitas.
23Jumlah mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen4550505555Menyediakan penelitian dosen sebagai tema-tema penelitian payung bagi mahasiswa.
24Penelitian/Pengabdian dengan Dana Internasional--112Mencari sponsor/ kesempatan untuk mendapatkan dana penelitian.
25Kolaborasi Penelitian Internasional--112Membuat MoU dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam bidang penelitian.
26Kerjasama dengan institusi dalam negeri5252535354Memperluas jejaring dengan sekolah, dinas pendidikan dan perguruan tinggi lain untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
27Kerjasama dengan institusi luar negeri22456Membuat MoU dengan kampus-kampus penyelenggara BK di luar negeri.
28Jumlah dosen menjadi nara sumber kegiatan ilmiah77889Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar dan melakukan kerja sama dengan kampus penyelenggara BK di luar negeri.
29Student Exchange-1122Menyelenggarakan kegiatan perkuliahan dengan materi dwi bahasa dan mengintensifkan English Club .
30Lecturer Exchange-1122Menyelenggarakan pelatihan bahasa Inggris bagi dosen.