Menguasai konsep teoritis bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, pedagogi, sosiologi dan antropologi budaya; |
Menguasai teori, prinsip, teknik, prosedur, dan teknologi, yang digunakan dalam pelayanan bimbingan dan konseling |
Menguasai keterampilan dasar, pendekatan, dan teknik konseling, serta mampu mengintegrasikan dalam pengaplikasiannya untuk membantu konseli; |
Menguasai metodologi penelitian dan evaluasi bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah dan etika ilmiah |
Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli dan masyarakat; |
Mampu menyusun program bimbingan dan konseling yang komprehensif dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan komprehensif serta hasil analisis kebutuhan; |
Mampu melaksanakan layanan bimbingan secara klasikal, kelompok, dan individual dengan menggunakan metode, teknik, dan teknologi yang relevan serta memperhatikan keberagaman sosial budaya; |
Mampu melaksanakan layanan konseling individual dan kelompok dengan menggunakan pendekatan, prosedur, dan teknik konseling psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmodern dan integratif, yang disesuaikan dengan perkembangan dan problematik sasaran layanan dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan budaya. |
Mampu merancang, dan melaksanakan evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait |
Mampu memecahkan masalah-masalah faktual bidang bimbingan dan konseling dengan menerapkan kaidah ilmiah dan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional |
Mampu melaksanakan pemahaman individu sasaran layanan dengan menggunakan instrumen baku dan yang dikembangkan berdasarkan kaidah penyusunan instrumen; |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, mandiri, kritis, dan reflektif atas pekerjaannya, sebagai seorang pembelajar sepanjang hayat; |