PROFIL LULUSAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

Rumusan CPL
Menguasai konsep teoritis bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, pedagogi, sosiologi dan antropologi budaya;
Menguasai teori, prinsip, teknik, prosedur, dan teknologi, yang digunakan dalam pelayanan bimbingan dan konseling
Menguasai keterampilan dasar, pendekatan, dan teknik konseling, serta mampu mengintegrasikan dalam pengaplikasiannya untuk membantu konseli;
Menguasai metodologi penelitian dan evaluasi bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah dan etika ilmiah
Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli dan masyarakat;
Mampu menyusun program bimbingan dan konseling yang komprehensif dalam jenis, jalur dan jenjang satuan pendidikan, berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan komprehensif serta hasil analisis kebutuhan;
Mampu melaksanakan layanan bimbingan secara klasikal, kelompok, dan individual dengan menggunakan metode, teknik, dan teknologi yang relevan serta memperhatikan keberagaman sosial budaya;
Mampu melaksanakan layanan konseling individual dan kelompok dengan menggunakan pendekatan, prosedur, dan teknik konseling psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmodern dan integratif, yang disesuaikan dengan perkembangan dan problematik sasaran layanan dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan budaya.
Mampu merancang, dan melaksanakan evaluasi program, proses, dan hasil penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait
Mampu memecahkan masalah-masalah faktual bidang bimbingan dan konseling dengan menerapkan kaidah ilmiah dan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional
Mampu melaksanakan pemahaman individu sasaran layanan dengan menggunakan instrumen baku dan yang dikembangkan berdasarkan kaidah penyusunan instrumen;
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, mandiri, kritis, dan reflektif atas pekerjaannya, sebagai seorang pembelajar sepanjang hayat;

DAFTAR MATA KULIAH

Matakuliah Semester I
1. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Komprehensif
2. Landasan Sosial Budaya Bimbingan dan Konseling
3. Pengantar Konseling
4. Profesi Bimbingan dan Konseling
5. Agama Islam
6. Pendidikan Inklusi
7. Ilmu Pendidikan
8. Perkembangan Peserta Didik
9. Bahasa Indonesia
Matakuliah Semester II
1. Manajemen BK
2. Statistik
3. Keterampilan Dasar Konseling
4. Teori Bimbingan Kelompok
5. Kesehatan Mental
6. Teori PI: Teknik Non Tes
7. Media BK
8. Pendidikan Inklusi
9. Pancasila
Matakuliah Semester III
1. Perencanaan Individual
2. Penelitian Kualitatif
3. Teori Konseling Modern
4. Praktikum Bimbingan Kelompok
5. Teori Konseling Kelompok
6. Praktikum PI: Teknik Non Tes
7. Teori PI: Teknik Tes
8. Analisis dan Pengubahan Tingkah Laku
9. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
10. Perencanaan Layanan BK
11. Kewerganegaraan
Matakuliah Semester IV
1. Penelitian Kuantitatif BK
2. Teori Konseling Postmodern
3. Praktikum Konseling Modern 
4. Bimbingan Konseling ABK
5. Praktikum Konseling Kelompok
6. Konseling Multibudaya
7. Praktikum PI:Teknik Tes
8. Evaluasi dan Supervisi BK
9. Praktik Layanan Bimbingan
10. Pengelolaan Kelas Digital
11. Agama
Matakuliah Semester V
1. Seminar Masalah Bimbingan dan Konseling
2. Praktikum Konseling Postmodern
3. Manajemen Kepelatihan
4. Konseling Spiritual
5. Bimbingan dan Konseling Keluarga
6. Konseling Karir
7. Pengembangan Kepribadian
8. Konseling Traumatik
9. Problematika Anak dan Remaja
10. Konseling Kreatif dan Jarak Jauh
11. Kewirausahaan
Matakuliah Semester VI
1. Perencanaan Program
2. Kolaborasi Antar Profesi
3. Andragogi
4. Akuntabilitas Program
5. Pemberdayaan Masyarakat
6. Manajemen Konflik
7. Literasi Abad 21
8. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
9. Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling
10. Pengelolaan Komponen Program Bimbingan dan Konseling
Matakuliah Semester VII
1. Studi Kasus
2. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)